Kuda Lumping; Kesenian Bertabur Mistik

Kuda lumping, jika kita mendengar dua kata ini pasti asosiasi kita langsung tertuju pada salah satu kesenian tradisional yang sangat kental dengan suasana mistik. Dan memang secara garis besar kesenian kuda lumping yang sudah ada sejak dulu dan tidak diketahui siapa pencetus pertamanya ini berisiskan atraksi mendebarkan seperti makan beling, makan arang, dan sebagainya yang dilakukan oleh sang penari kuda lumping.

Nama kuda lumping sendiri kemungkinan besar didapat dari kekhasan para penarinya yang selalu menunggangi kuda bohongan yang terbuat dari lumping (kulit binatang) dalam setiap aksinya. Dalam tiap pertunjukkan para penari kuda lumping yang pada awal kemunculannya selalu diperankan oleh anak-anak remaja putri (kini seiring perkembangan zaman para penari kuda lumping umumnya digantikan oleh para remaja putra dan kalaupun tetap menyertakan penari putri itu hanya semata-mata sebagai hiasan saja karena tak lagi ikut melakukan aksi-aksi yang mendebarkan seperti makan beling, sabut kelapa, dll) dengan iringan gamelan seperti gong, kenong, kendang dan slompret mereka menari-nari sampai kemudian sang pawang melecutkan pecutan (cambuk) hingga terdengar bunyi yang sangat keras.

Pada saat penari kuda lumping yang sedang menari ini begitu mendengar suara lecutan yang sangat keras tiba-tiba saja mereka menjadi trance bak orang kesurupan. Konon suara lecutan dari sang pawang yang sebelumnya merapal mantra-mantra inilah yang menjadikan pemain kuda lumping kehilangan kesadarannya dan masuknya kekuatan mistik ke dalam tubuh mereka. 

Dengan menaiki kuda dari lumping binatang tersebut, penunggang kuda yang pergelangan kakinya diberi kerincingan ini pun mulai berjingkrak-jingkrak, melompat-lompat hingga berguling-guling di tanah. Selain melompat-lompat, penari kuda lumping pun melakukan atraksi lainnya, seperti memakan beling dan mengupas sabut kelapa dengan giginya. Beling (kaca) yang dimakan adalah bohlam lampu yang biasa sebagai penerang rumah kita. Lahapnya ia memakan beling seperti layaknya orang kelaparan, tidak meringis kesakitan dan tidak ada darah pada saat ia menyantap beling-beling tersebut.

Dari hampir sepanjang pertunjukan kuda lumping ini bunyi lecutan dari cambuk sang pawang maupun dari para penari kuda lumping sendiri tak henti-hentinya berbunyi. Konon setiap lecutan yang mengenai kaki atau bagian tubuh lainnya dari sang penari akan membuatnya semakin perkasa dan dan digdaya. Maka dari itu para penari kuda lumping ini acap kali dengan sengaja melecutkan cambuknya agar mengenai kaki untuk mendapatkan efek magis itu. 

Begitu semua permainan telah dimainkan dan sang penari sudah terlihat lelah, maka sang pawang pun akan maju ke arena pertunjukan untuk mendatangi para pemain kuda lumping. Dan dengan mantra tertentu sang pawang pun mengusap wajah penari kuda lumping satu-persatu untuk mengembalikan kesadaran mereka. 

Maka begitu kesadaran sang penari semuanya telah pulih dan kembali seperti semula pertunjukan kuda lumping pun usai. Tinggalah kini sang pawang meneliti satu persatu para pemainnya kalau-kalau ada di antara mereka yang terluka ketika mereka memainkan atraksi berbahaya tadi.