Home » , , , » Mitos Gempa dari Kepulauan Nias

Mitos Gempa dari Kepulauan Nias

Seperti halnya di tatar Sunda yang memiliki tradisi lisan mengenai mitos gempa bumi di Kepulauan Nias pun punya mitos tersendiri tentang bencana alam ini. Menurut kepercayaan penduduk di Kepulauan Nias gempa bumi diakibatkan oleh kemarahan dari dewa-dewa yang menguasai dunia bawah tanah. Kemurkaan yang pada akhirnya membuat bumi berguncang ini konon dikarenakan penduduk setempat banyak yang melanggar aturan dan norma-norma.

Tradisi lisan yang berbentuk hoho atau syair ini menceritakan tentang seorang putra Sirao yang tugasnya menopang Pulau Nias bernama Bauwadanohia atau Simayamayarao atau disebut juga dengan Lature Dano. Diceritakan bahwa agar Pulau Nias ini tak tercerai berai dan tetap stabil maka Sirao menugaskan anaknya yang bernama Bauwadanohia ini untuk menopang tanah Kepulauan Nias. Dan dalam melaksanakan tugasnya yang maha berat, untuk membuat Pulau Nias lebih kokoh lagi, sang Sirao pun kemudian menugaskan anaknya yang lain yakni Lasorogae Sitolu Daha atau Lasorogae Sidua Demo. Oleh kedua dewa inilah Kepulauan Nias ditopang hingga menjadi kokoh dan stabil.

Tapi, adakalanya kedua dewa ini pun murka dan mengguncang-guncangkan bumi hingga menyebabkan gempa bumi atau dalam masyarakat Nias disebut duru dano bila ulah manusia yang mendiami Pulau ini sudah bertingkah keterlaluan dan tak lagi mengindahkan aturan-aturan (Fondrako/Famato Harimao). Maka dari itu bila terjadi gempa bumi, penduduk di Kepulauan Nias pun berseru : “Biha Tua! Biha Tua! Biha Tua!” Yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti, “Sudah kek! Sudah kek! Sudah kek!” untuk meredam kemurkaan kedua dewa ini. 

Tidak sampai disitu, ketika gempa telah benar-benar berhenti, biasanya masyarakat Nias pun akan menggelar ritual upacara pemujaan berupa pengakuan telah melanggar aturan dan berhenti untuk tidak mengulangi lagi agar bencana gempa bumi tak terulang lagi di kemudian hari.