Home » , , , » Pelet Dayak Jagoi Babang

Pelet Dayak Jagoi Babang

Konon bagi seseorang baik perempuan maupun laki-laki yang terkena pelet dari suku Dayak ini akan menjadi sangat lupa daratan layaknya orang mabuk. Maka karena pelet ini begitu dashyatnya, dianjurkan untuk tidak main-main dalam menggunakan pelet ini, dan hanya dianjurkan untuk memelet lawan jenis yang memang ingin dijadikan istri atau lawan jenis yang memang sudah sangat keterlaluan dan sangat sombong saja. Lain dari itu sangat tidak dianjurkan.


Lalu bagaimana cara menguasai pelet ini dan apa saja kelemahannya? Berikut adalah cara-cara / amalan yang harus anda lakukan untuk menguasai pelet ini :

Mula-mula anda harus membuat minyak getah keladi sebagai medium untuk memelet lawan jenis anda. Tapi sebelumnya anda terlebih dahulu melakukan pensucian diri dengan cara mandi keramas dengan kembang tujuh rupa. Setelah anda selesai mandi itu barulah anda cari batang keladi birah (sejenis talas yang daunnya lebar-lebar). Potong batang keladi tersebut tepat pada malam Selasa ketika bulan sedang bulat penuh (antara menjelang purnama sampai tepat bulan purnama). Lantas peras batang keladi tadi dan masukkan ke dalam botol yang di dalamnya sudah dimasuki kapas dan jarum dan minyak kelapa hijau. Kelapa hijau yang akan dipakai untuk membuat minyak kelapa itu sendiri tak boleh sambarangan tapi juga ada syarat-syaratnya yaitu harus diambil pada malam Selasa dan tidak boleh jatuh ke tanah. 

Langkah berikutnya adalah bungkus botol tadi dengan kain putih dan kemudian bawa serta untuk bertapa selama tujuh hari ke tempat yang tidak diketahui orang. Dan selama bertapa ini diwajibkan untuk sambil membaca mantra sebagai berikut : 

Ojaat malaatn olo jolo Nengkulik esaaq Weweet Kesookng (sebut nama orang) ngilaaq nguto Ketipe daatn nancaakng Kseookng luneen lotu akaatn Kakaatn ruku aweeq Ekaakng

Dan pada hari ketujuh masa bertapa pun usai dan anda harus pulang kerumah tapi tidak boleh melewati pintu tapi harus lewat jendela. Dan baru pada hari kedelapan minyak pun telah sempurna dan siap untuk digunakan. 

___________________________
Ps. Pelet ini akan menjadi tawar bila di depan rumah yang memelet ditanami pohon papaya dan atau yang terkena pelet disabet dengan daun dari pohon juang.