Home » , , , , » Makalah: Upacara Adat di Kerinci

Makalah: Upacara Adat di Kerinci

Makalah di bawah yang sebentar lagi akan Anda baca ini saya temukan dalam bentuk e-book yang sudah sekian lama ngendon di flash disk saya dan sama sekali tidak ada nama penulisnya dan hanya terdapat nama sebuah perguruan tinggi yakni Universitas Sumatra Utara saja hingga saya sendiri bingung siapa gerangan yang menyusun makalah ini. Untuk itu, jika ada yang tahu dengan nama penyusun makalah ini mohon untuk memberitahu saya di kolom komentar agar nantinya saya bisa mencantumkannya di sini. Terima kasih.


Upacara Adat di Kerinci


PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Indonesia merupakan suatu bangsa yang terdiri dari beribu-ribu suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Jaspan (dalam Soekanto 2001:21) mengklasifikasikan suku bangsa Indonesia dengan mengambil patokan kriteria bahasa, kebudayaan daerah serta susunan masyarakat, dengan rincian yaitu (1) Sumatera, 49 suku bangsa; (2) Jawa, 7 suku bangsa; (3) Kalimantan, 73 suku bangsa; (4) Sulawesi, 117 suku bangsa; (5) Nusa Ternggara, 30 suku bangsa; (6) Maluku-Ambon, 41 suku bangsa; (7) Irian Jaya, 49 suku bangsa. Selama ratusan bahkan ribuan tahun itu pula mereka telah menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan tradisi. Masing-masing suku bangsa tersebut memilki tradisi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal inilah yang menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk akan kebudayaan, baik itu dalam bentuk bahasa sehari-hari maupun tradisi-tradisi lainnya. Bentuk-bentuk tradisi yang dilakukan oleh berbagai suku bangsa antara lain perkawinan, pesta adat, kematian, dan lain sebagainya. Masing-masing bentuk upacara tersebut dilakukan dengan cara-cara tertentu yang menjadi ciri khas dari masing-masing suku bangsa tersebut. Ciri khas tersebut di satu pihak ada yang masih dipertahankan oleh masyarakat dan tidak mengalami perubahan sama sekali, dilain pihak ada yang mengalami perubahan atau malah hilang sama sekali sebagai suatu tradisi yang menjadi bagian dari masyarakat.

Salah satu tradisi yang masih dipertahankan dalam berbagai suku bangsa adalah tradisi pelaksanaan pesta adat siap panen. Hampir setiap daerah masih melaksanakannya, seperti upacara adat fuaton di Nusa Tenggara Timur, upacara adat aruh mahannyari pada suku dayak, upacara penolak bala sebagai rasa syukur setelah berhasil panen di Sulawesi Selatan dan lain sebagainya. Tradisi-tradisi ini di maksud untuk mensyukuri hasil panen yang telah didapat oleh masyarakat, sekaligus memohon berkah agar mereka mendapat hasil yang lebih baik di musim panen mendatang. Begitu juga halnya yang terjadi pada masyarakat yang ada di Propinsi Jambi, yakni di Kabupaten Kerinci. Mereka dikenal sebagai orang Melayu Tua (Zakaria, 1985:15). Orang Melayu Tua tersebut masih mengenal bentuk-bentuk upacara atau pesta adat siap panen yang lebih dikenal dengan istilah kenduri sko. Kenduri sko merupakan upacara adat yang terbesar di daerah Kerinci dan termasuk kedalam upacara adat Titian Teras Bertangga Batu. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Daud (1991:32) bahwa upacara adat di Kerinci dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yang disebut dengan: 

  • Upacara Adat Titian Teras Bertangga Batu.
  • Upacara Adat Cupak Gantang Kerja Kerapat.
  • Upacara Adat Tumbuh-tumbuh Roman-roman.

Upacara Adat Titian Teras Bertangga Batu memiliki pengertian suatu upacara adat yang berkesinambungan dari generasi ke generasi yang meliputi upacara kenduri sko, perkawinan, kelahiran, kerat pusat, dan upacara kematian. Upacara Adat Cupak Gantang Kerja Kerapat memiliki pengertian suatu upacara adat yang terkait dengan sistem mata pencaharian hidup dan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan secara bergotong royong. Upacara ini meliputi kegiatan mendirikan rumah baru mencangkup kerja sama menarik ramuan kayu di hutan, merendam ramuan kayu, betegak rumah, gotong royong menuai padi, tolak bala, dan upacara yng berhubungan dengan spritual seperti upacara tolak bala dan upacara minta ahi hujan. Upacara Adat Tumbuh-tumbuh Roman-roman memilki pengertian suatu upacara adat yang dilaksanakan pada waktu tertentu sesuai dengan pokok persoalan yang timbul pada bentuk tertentu pula dan bersifat khusus. Upacara ini meliputi upacara asyeik negeri, mengangkat anak angkat, pelanggaran terhadap hukum adat, melepas nazar, dan upacara silang sengketa. Lebih lanjut dijelaskan Daud bahwa upacara-upacara adat yang dilaksanakan oleh penduduk Kerinci selain menjadi warisan budaya nenek moyang juga mempuyai fungsi antara lain: 

  1. Memperkokoh persatuan dan kesatuan kekerabatan dan meningkatkan silaturrahmi dalam kehidupan masyarakat pada umumnya.
  2. Wadah untuk menjalin rasa kebersamaan dalam prinsip hidup bergotong-royong.
  3. Wujud kebanggaan bagi masyarakat Kerinci bahwa mereka memiliki tata cara adat tersendiri yang tidak kalah dengan adat lainnya.
  4. Forum komunikasi antara generasi tua dengan generasi muda dalam menyampaikan pesan untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.
  5. Sarana pembinaan nilai-nilai tradisional yang tak lapuk kena hujan tak lekang kena panas.

Sebagaimana tradisi-tradisi dalam upacara adat di setiap masyarakat, upacara kenduri sko di Kerinci memiliki arti penting bagi masyarakat setempat. Upacara kenduri sko merupakan upacara puncak kebudayaan masyarakat Kerinci. Dengan kata lain dapat diartikan sebagai suatu perhelatan tradisional masyarakat Kerinci dengan maksud dan tujuan tertentu. Upacara kenduri sko hanya dilakukan pada desa pesekutuan adat atau masyarakat adat dari dusun asal desa-desa yang memiliki sejarah tetua adat depati ninik mamak dan juga memiliki benda-benda pusaka. Ciri khas upacara adat tersebut adalah penobatan seseorang putra daerah menjadi depati atau pemimpin adat, yang kemudian akan diberi sumpah yang harus dipegang teguh oleh mereka yang dipilih. Desa-desa yang masih melaksanakan upacara ini diantaranya adalah Desa Keluru yang terletak di Kecamatan Keliling Danau. Bagi masyarakat Keluru upacara ini sangat penting dilaksanakan sebagai rasa syukur atas hasil panen yang diberikan Allah SWT kepada mereka, dan pada upacara ini juga akan dipilih para pemangku-pemangku adat yang akan memimpin desa tersebut. Di keluru, upacara ini dilaksanakan dengan sangat meriah, selain dihadiri oleh masyarakat setempat, juga dihadiri oleh masyarakat desa-desa terdekat. Sebelum acara ini selesai maka masyarakat dilarang untuk keluar desa, dengan tujuan agar semua elemen masyarakat setempat terlibat dalam acara tersebut. 

Sebagaimana upacara-upacara adat lainnya, upacara adat kenduri sko menarik untuk dikaji. Kenduri sko merupakan upacara adat terbesar yang ada di Kerinci dan mempunyai makna tersendiri bagi masyarakat. Di dalam upacara tersebut terdapat acara penurunan benda-benda pusaka nenek moyang, serta pemberian gelar adat kepada pemangku-pemangku adat yang baru yang akan memimpin adat desa tersebut. Dengan demikian, upacara kenduri sko sangat penting sekali bagi orang Melayu Tua yang ada di Kabupaten Kerinci khususnya Desa Keluru. 

1.2. Rumusan Masalah
Kenduri sko merupakan upacara adat yang masih bertahan atau tetap dijalankan hingga saat ini. Bagi orang Melayu Tua di Desa Keluru Kabupaten Kerinci keberadaan upacara tersebut memiliki arti penting yang mencakupi berbagai acara-acara yang dilakukan dan melibatkan seluruh anggota masyarakat. Atas dasar tersebut maka permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apa makna upacara adat kenduri sko bagi orang Melayu Tua di Desa Keluru Kabupaten Kerinci, sehingga upacara tersebut bertahan hingga saat ini ? Permasalahan ini diuraikan ke dalam empat pertanyaan penelitian yakni: 

  • Siapa-siapa saja yang terlibat dalam upacara adat kenduri sko yang ada di Desa Keluru Kabupaten Kerinci?
  • Bagaimana proses pelaksanaan upacara adat kenduri sko yang ada di Desa Keluru Kabupaten Kerinci?
  • Apa kepentingan-kepentingan yang tercangkup dari pelaksanaan upacara adat kenduri sko bagi kehidupan masyarakat di Desa Keluru Kabupaten Kerinci?
  • Hal-hal apa saja yang mendukung upacara adat kenduri sko dapat bertahan hingga saat ini?


1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upacara adat kenduri sko yang memiliki arti penting bagi orang Melayu Tua di Desa Keluru Kabupaten Kerinci, yang meliputi : orang-orang yang terlibat di dalamnya, proses pelaksanaannya, dan kepentingan-kepentingan yang tercakup dari upacara adat tersebut. Dengan demikian, akan diketahui makna upacara adat kenduri sko bagi masyarakat Keluru sehingga masih dapat bertahan hingga sekarang ini. Secara akademis, penelitian ini dapat menambah khasanah keilmuan di bidang Antropologi khususnya yang membahas tentang keberadaan upacara adat. Secara praktis dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap pihak-pihak yang berkepentingan untuk memahami maupun dalam membuat berbagai kebijakan yang diperlukan dan dalam rangka upaya pelestarian kebudayaan daerah. 

1.4. Tinjauan Pustaka
Syamsudin (1985:1) menjelaskan Kehidupan kelompok masyarakat tidak terlepas dari kebudayaan, sebab kebudayaan ada karena adanya masyarakat pendukungnya. Salah satu dari wujud kebudayaan dapat dilihat dari upacara yang merupakan wujud dari adat-istiadat yang berhubungan dengan segala aspek kehidupan manusia baik itu aspek sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya. Pelaksanaan upacara tersebut selalu dibayangkan sebagai upacara yang khidmat dan merasa sebagai sesuatu yang bersifat magis dan disertai dengan berbagai perasaan serta perlengkapan yang bersifat simbolis.

Berbicara masalah upacara adat, sudah banyak sekali para peneliti yang telah mengkaji maupun menulis tentang hal tersebut. Seperti halnya Siregar (1994) yang mengkaji upacara mebat pada orang Batak Angkola. Kajiannya ingin mengungkapkan faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran yang terjadi dalam upacara Mebatmebat boru na marlojong adalah pihak yang melaksanakan kebanyakan sudah kurang memahami rangkaian upacara yang dimaksud seperti yang terdapat di Bona Pasogit, dan juga adanya pengaruh kebudayaan luar yang sifatnya lebih demikian. Sagala (1990) dalam kajiannya tentang upacara mengongkol holi (upacara penggalian tulang) pada masyarakat Batak Toba. Adapun Masalah pokok yang ingin diungkapkan dalam penelitiannya adalah mengapa upacara itu masih dilaksanakan dan bagaimana jalannya upacara. Pada akhirnya ditemukan kesimpulan bahwa ada beberapa Faktor yang mendorong masyarakat Batak Toba masih melakukan upacara tersebut yaitu faktor religi, faktor tuntutan adat, faktor ekonomi dan faktor gengsi sosial. 

Elisabet (1990) dalam kajiannya tentang upacara Tolak Bala pada Desa Sei Kambah Asahan. Adapun masalah pokok yang ingin diungkapkan dalam penelitiannya adalah hal-hal yang membuat upacara tersebut masih bertahan, serta fungsi dari pelaksanaan upacara tersebut. Pada akhirnya ditemukan kesimpulan bahwa upacara Tolak Bala di samping memberikan kekuatan spritual, juga dapat membuat dirinya merasa kuat, tetap aman, seakan-akan dirinya dilindumgi oleh kekuatan-kekuatan yang tidak terlihat, juga merupakan sarana penghormatan dan penyembahan masyarakat desa terhadap kekuatan yang dapat dijadikan pelindung masyarakat agar terhindar dari bencana. Peristiwa ini menunjukkan adanya sifat yang abstrak dari jiwa manusia, apabila tidak dilaksanakan upacara ini masyarakat merasa bencana yang akan datang dua kali lipat dari sebelumnya, kepuasan batin penduduk tidak akan tercapai. Dari berbagai kajian tersebut dapat dipahami bahwa suatu upacara adat dianggap memiliki fungsi-fungsi tertentu di dalam kebudayaan suatu masyarakat. Fungsi-fungsi tersebut seakan-akan tidak berubah dan tetap langgeng bagi masyarakat, tanpa memperhitungkan masyarakat pembentuk kebudayaan telah berganti. Dengan kata lain, kajian fungsi tersebut tidak memperhitungkan adanya perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Lebih dari itu, kajian-kajian terhadap upacara adat sangat jarang menjelaskan tentang makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini diajukan untuk mengkaji makna-makna yang terkandung dalam upacara adat kenduri sko. Suatu makna yang yang memiliki arti penting bagi masyarakat Keluru yang menjadikan upacara tersebut dapat terus bertahan hingga sekarang ini. Kehidupan kelompok masyarakat tidak terlepas dari kebudayaan, sebab kebudayaan ada karena adanya masyarakat pendukungnya. Salah satu dari wujud kebudayaan dapat dilihat dari upacara adat kenduri sko yang terdapat di Desa Keluru Kabupaten Kerinci. Pelaksanaan upacara tersebut selalu dibayangkan sebagai upacara yang khidmat dan sebagai sesuatu yang bersifat magis dan disertai dengan berbagai perasaan serta perlengkapan yang bersifat simbolis. 

Geertz (1992: 5) menjelaskan bahwa kebudayaan merupakan Suatu sistem keteraturan dari makna dan simbol-simbol, yang dengan makna dan simbol-simbol tersebut individu-individu mendefenisikan dunia mereka, mengekspresikan perasaan-perasaan mereka, dan membuat penilaian mereka. Geertz menfokuskan konsep kebudayaan kepada nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman masyarakat untuk bertindak dalam menghadapi berbagai permasalahan hidupnya. Sehingga pada akhirnya konsep budaya lebih merupakan sebagai pedoman penilaian terhadap gejala-gejala yang dipahami oleh si pelaku kebudayaan tersebut. Lebih lanjut dijelaskan Geertz, di dalam kebudayaan, makna tidak bersifat individual tetapi publik. Ketika sistem makna kemudian menjadi milik kolektif dari suatu kelompok, kebudayaan menjadi suatu pola makna yang diteruskan secara historis terwujud dalam simbol-simbol. Kebudayaan juga menjadi suatu sistem konsep yang diwariskan terungkap dalam bentuk-bentuk simbolik yang dengannya manusia berkomunikasi, melestarikan, dan memperkembangkan pengetahuan mereka tentang kehidupan dan sikap-sikap tentang kehidupan. Untuk menjelaskan makna dari suatu upacara dapat dilihar dari simbol-simbol yang ada dalam upacara tersebut. Geertz (1992: 149) menjelasakan bahwa simbol adalah segala objek berupa benda-benda, orang, peristiwa, tingkah laku dan ucapan-ucapan yang mengandung pengertian tertentu menurut kebudayaan yang bersangkutan. Dalam penelitian ini, kenduri sko dalam proses pelaksanaannya mempunyai berbagai bentuk perbuatan seperti berdoa,penobatan, bernyanyi, menari, dan makan bersama. Kegiatan tersebut memiliki simbol yang dapat ditafsirkan maknanya.

Di lihat dari kegiatan-kegaiatan yang dilakukan saat kenduri sko, dapat dijelaskan bahwa kenduri sko memiliki makna sebagai ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta dan roh-roh nenek moyang atas hasil panen yang telah diberikan, dan sko merupakan simbol yang diidentikkan dengan pembersihan benda pusaka nenek moyang. Untuk memperbincangkan makna, setiap individu harus menafsirkannya, sehingga dapat mengatur tingkah laku individu tersebut. Hal itu hanya dapat ditampilkan melalui simbol yang terdapat dalam upacara. Berkaitan dengan hal itu, kenduri sko dilaksanakan sebagai pengikat hubungan antara Sang Pencipta dan roh-roh nenek moyang dengan masyarakat Keluru, karena diyakini telah memberikan keselamatan bagi mereka serta rezeki yang berlimpah dengan hasil panen yang didapat. Menurut kepercayaan masyarakat, padi tidak akan tumbuh dan hidup dengan sendirinya tanpa adanya kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi semuanya. Hal itu yang menimbulkan keyakinan, bahwa sang pencipta dan roh-roh nenek moyang merekalah yang memberikan segalanya. Baik itu keselamatan bagi mereka waktu melaksanakan aktivitas pertanian maupun hasil yang didapat dari pertanian tersebut. 

Selain makna-makna tersebut, kemungkinan ada makna-makna lain yang terdapat dalam pelaksanaan kenduri sko. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini akan mendeskripsikan makna dari pelaksanaan upacara adat kenduri sko sebagai upacara adat terbesar di Kerinci. Dalam pendeskripsiannya akan diuraikan siapa-siapa saja yang terlibat dalam upacara kenduri sko, proses pelaksanaan upacara, hal-hal apa saja yang mendukung kebertahanan upacara adat kenduri sko, serta kepentingan-kepentingan yang tercangkup dari pelaksanaan upacara adat kenduri sko bagi kehidupan masyarakat di Desa Keluru Kabupaten Kerinci. 

1.5. Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti akan mencoba memberi gambaran secara terperinci mengenai makna dari upacara adat kenduri sko yang ada di Desa Keluru sehingga masih bertahan hingga sekarang ini. Adapun teknik penelitian yang digunakan dalam mencari data di lapangan antara lain: 1.5.1. Teknik Observasi Teknik observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi partisipasi, yang mana peneliti mengadakan pengamatan kepada objek yang diteliti dan secara langsung mengikuti setiap aktifitas masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan upacara adat kenduri sko. Teknik observasi partisipasi digunakan peneliti agar dapat memperoleh data secara mendalam tentang siapa-siapa saja yang terlibat dalam upacara, tahapan-tahapan dalam pelaksanaan upacara, serta suasana dalam pelaksanaan upacara tersebut. Untuk mempermudah memperoleh data ini, peneliti bergaul dan mengadakan pendekatan secara kekeluargaan kepada masyarakat setempat. 

1.5.2. Teknik Wawancara
Wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam dan wawancara sambil lalu. Wawancara mendalam ditujukan kepada informan kunci dan informan biasa. Informan kunci dalam penelitian ini adalah para pemangku-pemangku adat daerah setempat, meliputi depati ninik mamak, orang tuo cerdik pandai, dan para alim ulama. Sedangkan untuk informan biasa dalam penelitian ini adalah para anggota masyarakat desa setempat. Penentuan informan dilakukan secara bertujuan. Di samping itu, informan juga ditentukan kriteria usia, status sosial dan lama tinggal di desa. Wawancara mendalam kepada informan kunci dilakukan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan sejarah, iuran, orang-orang yang terlibat, proses pelaksanaan, serta kepentingan-kepentingan dari upacara adat kenduri sko. Sedangkan wawancara mendalam yang ditujukan kepada informan biasa dilakukan untuk memperoleh informasi yang berkenaan dengan iuran dan kepentingan-kepentingan yang terkandung dalam upacara adat kenduri sko sehingga masih tetap bertahan hingga sekarang ini. Wawancara sambil lalu juga dilakukan untuk memperoleh informasi yang berkenaan dengan tujuan penelitian, yang mungkin tidak diperoleh melalui informan kunci dan informan biasa. Wawancara sambil lalu juga dilakukan di berbagai tempat dan suasana seperti di warung, di rumah, di sawah dan lain sebagainya. Dengan adanya wawancara sambil lalu diharapkan dapat melengkapi data yang diperlukan dalam penelitian. 

1.6. Analisa Data
Analisa data dalam penelitian ini pada dasarnya merupakan analisa kualitatif yang dilakukan sejak dimulai penulisan proposal hingga penulisan skripsi ini. Dalam melakukan analisis, peneliti memeriksa ulang seluruh data yang ada, baik data dari observasi partisipasi, data dari wawancara mendalam dan sambil lalu, serta dari data sekunder. Seluruh data disusun sesuai dengan kategori-kategori tertentu, kemudian dilakukan penganalisaan hubungan dari setiap bagian yang telah disusun untuk memudahkan saat mendeskripsikannya. 


**o0o**